Mobil yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tentunya membutuhkan perawatan rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Salah satu komponen yang harus diperiksa adalah busi. Cegah kendaraan Anda mengalami berbagai ciri busi rusak sehingga tidak memungkinkan kendaraan melaju dengan optimal. 

Karena jika komponen busi mengalami kerusakan maka dapat mempengaruhi pengoperasian mesin dan menimbulkan berbagai masalah pada kendaraan anda. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri busi rusak dan bahayanya. Mari kita lihat detail lengkapnya di bawah ini. 

5 Ciri-ciri Busi Rusak Pada Mobil

Busi merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang bertugas untuk membakar campuran udara-bahan bakar di dalam mesin. Namun, sama seperti komponen lainnya, busi juga bisa rusak akibat penggunaan yang berlebihan atau faktor lainnya. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri busi yang rusak agar dapat segera dilakukan tindakan sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius. Berikut ciri-ciri busi rusak yang perlu Anda ketahui.

1. Performa Mesin Berkurang

Busi yang rusak dapat mengurangi tenaga mesin kendaraan Anda. Anda mungkin merasa mobil tidak bisa berakselerasi secepat biasanya, atau mesin mobil terdengar tidak bertenaga. 

Hal ini terjadi karena busi yang rusak tidak dapat memberikan percikan api yang cukup untuk menyalakan campuran udara/bahan bakar di ruang bakar mesin. Akibatnya, performa mesin mobil Anda berkurang karena tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran tidak maksimal.

2. Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar

Baca juga: Spesifikasi Toyota GR Yaris Indonesia, Performa Dahsyat!

Salah satu ciri kerusakan busi yang paling mencolok adalah peningkatan konsumsi bahan bakar. Anda mungkin perlu mengisi lebih sering dari biasanya, meskipun Anda menempuh jarak yang sama. 

Bagaimana ini bisa terjadi? Karena busi yang rusak tidak dapat membakar campuran udara-bahan bakar secara efisien, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama.

3. Mesin Mobil Tidak Menyala Dengan Baik

Jika mobil Anda mengalami masalah saat dinyalakan, kemungkinan besar busi mobil Anda rusak. Busi yang rusak tidak dapat memberikan percikan api yang cukup untuk menyalakan campuran udara/bahan bakar di dalam ruang bakar mesin, sehingga mesin mobil tidak dapat dihidupkan.

Ciri-ciri tersebut sering muncul saat mobil sudah lama tidak digunakan, apalagi jika mobil tidak disimpan dengan baik. Busi yang kotor atau basah juga dapat mempersulit mobil Anda untuk dinyalakan. Jadi ingatlah untuk memeriksa busi mobil Anda secara teratur dan bersihkan jika perlu di bengkel terdekat.

4. Mesin Mobil Bergetar

Jika Anda merasakan mobil bergetar saat dikendarai, maka kemungkinan besar busi mobil Anda rusak. Busi yang rusak dapat menyebabkan mesin kendaraan tidak berfungsi dan menimbulkan getaran pada kendaraan. 

Getaran ini terjadi karena campuran udara-bahan bakar tidak terbakar sempurna. Ini bisa terjadi karena busi yang rusak tidak dapat memberikan cukup percikan untuk menyalakan campuran. 

5. Suara Mesin Mobil Lebih Kasar

Busi yang rusak juga dapat menimbulkan suara mesin mobil yang keras. Mengapa? Karena busi yang rusak tidak dapat membakar campuran udara/bahan bakar secara efisien, mesin mobil bekerja lebih keras dari biasanya.

Bunyi mesin mobil yang kasar mungkin terdengar seperti berderak atau berisik saat mesin hidup atau saat mobil sedang berjalan. Selain itu, suara mesin yang kasar juga dapat disertai dengan getaran atau gejala lainnya, seperti perasaan mesin melemah. Jika kondisi ini terjadi pada mobil Anda, pastikan untuk memeriksa busi dan sistem pembakaran lainnya.

Bahaya busi rusak

Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran mesin, bus yang rusak dapat menyebabkan masalah serius pada mesin mobil dan mengancam keselamatan kamu. Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri bus rusak dan mengambil tindakan perbaikan yang tepat jika Anda mengalaminya. Mari cari tahu apa saja bahaya bus rusak di bawah ini. 

1. Mesin Mobil Rusak

Busi yang rusak dapat menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras dari biasanya dan dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil. Bila dibiarkan, kerusakan ini bisa merambah pada komponen lain seperti piston, klep, dan blok silinder. 

Jika mesin mobil rusak, mobil Anda dapat mengalami masalah seperti kehilangan tenaga atau bahkan rusak total. Untuk menghindari hal ini terjadi pada mobil Anda, pastikan Anda selalu melakukan perawatan rutin mobil. 

2. Kondisi mesin mobil menjadi tidak stabil

Busi yang rusak dapat menyebabkan pengoperasian mesin tidak stabil. Ini dapat mempengaruhi pengoperasian kendaraan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat mengemudi. Saat busi mengalami masalah, campuran udara/bahan bakar di dalam mesin tidak terbakar sempurna. Kamu  mungkin merasakan getaran yang tidak biasa atau suara mesin dari kendaraan Anda.

3. Kerusakan sistem katalitik

Sistem katalitik pada mobil digunakan untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan. Namun jika busi mobil rusak, dapat merusak sistem katalitik. Kondisi busi yang bermasalah dapat menyebabkan bahan bakar tidak terbakar dan mengendap di catalytic converter. Ini dapat merusak sistem katalitik. 

4. Mobil berhenti di jalan

Jika busi mobil Anda rusak parah, mobil Anda bisa mogok atau mogok di jalan. Mengapa ini terjadi? Komponen busi tidak dapat membakar campuran udara/bahan bakar dengan baik, sehingga mesin mobil tidak dapat berjalan dengan lancar. Kondisi ini tentunya berbahaya, sehingga penting untuk melakukan perawatan rutin mobil.

Baca juga: Spesifikasi Toyota GR Yaris Indonesia, Performa Dahsyat!