Bagi Anda yang bingung, bingung bahkan putus asa karena belum memiliki mobil yang tepat, tentukan terlebih dahulu mobil mana yang ingin Anda miliki. Setiap calon pembeli mobil memiliki preferensi dan keinginan yang berbeda-beda. Misalnya ingin mendapatkan mobil paling irit atau mobil yang dilengkapi berbagai fitur tambahan dan mudah dikendarai.

Jadi, semua orang kembali ke pilihan mereka. Jadi, jika saat ini Anda sedang fokus mencari mobil paling irit bahan bakar, Kami bisa membantu memberikan panduan dan saran untuk membantu Anda mendapatkan mobil terbaik.

Penasaran? Yuk, baca artikel ini sampai selesai agar semakin yakin bahwa mobil yang kamu inginkan adalah pilihan yang tepat dan bisa membantu menghemat biaya bahan bakar, meski kamu menggunakannya setiap hari.

Rekomendasi bahan bakar paling irit untuk mobil

Bicara soal mobil, tentunya setiap orang memiliki kebutuhan dan kesukaannya masing-masing. Pilihan mobil tergantung pada ini. Beberapa orang mungkin membutuhkan mobil besar sementara yang lain lebih suka mobil kecil karena satu dan lain hal.

Namun, jika Anda fokus pada penghematan bahan bakar setiap kali mobil dikemudikan di jalan yang berbeda, apakah itu berarti Anda benar-benar ingin mendapatkan mobil paling irit di Indonesia? Jika iya, berikut rekomendasi kendaraan paling irit bahan bakar yang mungkin sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda dalam berkendara roda empat.

1.Daihatsu Xenia

Tertarik membeli Daihatsu Xenia? Jika Anda masih ragu untuk memilih salah satu dari produk Daihatsu ini, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak bahan bakar yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk sebuah mobil.

Daihatsu Xenia dikenal sebagai mobil hemat bbm sejuta umat karena tiap liternya bisa digunakan untuk menempuh jarak 10 hingga 13 km. Karena kendaraan ini irit bahan bakar, Anda akan merasa lebih nyaman saat ingin melakukan perjalanan jauh tanpa harus melakukan dry bag. Pada kecepatan stabil, bensin akan lebih irit, karena bisa mencapai 16 km per liter.

Keunggulan lain dari mobil ini adalah sebagai berikut:

  • Harga terjangkau namun menawarkan fitur keamanan yang baik.
  • Kemudahan perawatan dan kemudahan mencari suku cadang.
  • Kabin cukup luas.

2.Toyota Avanza

Siapa yang tidak tahu Toyota Avanza ke-200 juta yang banyak diandalkan saat memilih mobil keluarga? Namun tahukah Anda bahwa konsumsi bahan bakar pada mobil ini sangat irit? Sangat umum dan mudah ditemukan di berbagai tempat bahkan mobil ini dijuluki sebagai "mobil sejuta umat", meskipun mereka tidak tahu dari mana julukan ini berasal.

Saat Anda ingin membeli mobil Toyota Avanza, ada beberapa kelebihan kendaraan yang bisa Anda jadikan sebagai alasan untuk memilih kendaraan ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Konsumsi bahan bakar hingga 15 km per liter saat berkendara di jalan raya.
  • Volume bagasi yang lapang dan ruang kaki penumpang yang lapang.
  • Perawatan yang mudah berkat layanan yang tersedia di berbagai wilayah.
  • Harga suku cadang mobil sangat terjangkau.
  • Dikenal sebagai mobil dengan harga jual yang bagus.

3.Honda Brio Satya 1.2 Cvt

Mobil yang masuk kategori city car dinilai irit dan Honda Brio Satya 1.2 CVT salah satunya. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi i-VTEC andalan pabrikan, sehingga tergolong irit bahan bakar.

Masih ragu apakah mobil ini pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan mobil paling irit? Simak beberapa kelebihan mobil ini!

  • Untuk setiap liter bahan bakar bisa digunakan untuk menempuh jarak sekitar 17 km jika digunakan dalam kota. Sedangkan saat berkendara di jalan tol, bensin bisa digunakan meski sejauh 22 km.
  • Memiliki CVT atau transmisi variabel kontinu, yang merupakan transmisi otomatis, menjaga putaran mobil Anda tetap rendah, yang menghemat jarak tempuh bahan bakar.
  • Dilengkapi airbag dan rem ABS+EBD terbaru dari pabrikannya yaitu Honda.
  • Desainnya yang sporty dan modern cocok untuk anak muda.

4. Nissan menendang tenaga

Nissan sepertinya mendapat tempat di hati para penggemarnya, apalagi dengan Nissan Kicks E-Power yang masuk dalam daftar mobil paling irit. Pabrikan mengklaim mobil versi roda dua ini memiliki konsumsi bahan bakar hingga 23 km per liter. Sedangkan konsumsi bahan bakar varian all wheel drive sekitar 19,2 km per liter.

Sehingga Anda dapat menjadikan Nissan Kicks E-Power sebagai mobil terbaik untuk menghemat konsumsi bahan bakar saat Anda gunakan sebagai pelengkap mobilitas Anda sehari-hari. Tak hanya itu, kendaraan listrik ini juga menawarkan berbagai keuntungan seperti:

  • Harga terjangkau.
  • Dilengkapi dengan teknologi pedal tunggal.
  • Fitur keamanan modern.

5.Toyota Yaris

Selain Honda, Toyota juga menawarkan berbagai macam kendaraan yang dikenal sangat irit. Jika Anda tertarik untuk membeli kendaraan Honda, Toyota Yaris mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat sesuai dengan budget Anda. Menjadi salah satu mobil terlaris di pasaran, mobil ini dibekali mesin 1500cc dan tergolong irit.

Tak hanya itu, Toyota Yaris juga hadir dengan berbagai keunggulan yang akan membuat Anda semakin percaya diri saat membelinya. Manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi bahan bakar dalam kota mencapai 13,8 km per liter dan 17,3 km per liter saat mobil melaju di jalan raya.
  • Tampilan yang sporty dengan interior yang mewah mampu memikat banyak orang, terutama anak muda.
  • Dilengkapi dengan struktur bodi penyerap energi dan rangka bodi berkekuatan tinggi yang dapat meminimalkan risiko cedera serius saat terjadi kecelakaan.

6.Honda Mobilio

Masih belum bisa menentukan mobil mana yang paling irit, padahal kerabat Anda sudah memberikan rekomendasi? Jika iya, Anda bisa mencoba mencari tahu seberapa irit Honda Mobilio 100 juta ini dan apakah bisa memenuhi kebutuhan dan ekspektasi Anda dalam hal penggunaan bahan bakar dan kendaraan untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Sekadar informasi, satu liter bensin Honda Mobilio bisa menempuh jarak hingga 17,05 km. Apalagi mobil ini juga memiliki sejumlah keunggulan, seperti:

  • Menggunakan sistem suplai bahan bakar tipe PGM-FI yang dapat memberikan performa mesin terbaik.
  • Dilengkapi dengan mesin 1500cc L15Z1.
  • Interior dan bagasi luas.
  • Desain eksterior keren.

7.Suzuki Ertiga

Dari segi efisiensi bahan bakar, Suzuki bisa bersaing dengan produsen mobil lainnya. Hal ini dibuktikan dengan salah satu produknya yaitu Suzuki Ertiga yang dikenal irit bahan bakar. Mobil ini dibekali mesin 1462cc 4 silinder DOHC dan VVT atau Variable Valve Timing membuat mobil ini semakin irit.

Untuk berkendara dalam kota, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 12,3 km per liter dan hingga 17 km per liter di jalan tol atau jalan bebas hambatan. Jika mobil digunakan dengan praktik mengemudi ramah lingkungan, pengemudi dapat lebih menghemat bahan bakar, yang dapat mencapai hingga 25,3 per liter bensin yang digunakan oleh mobil bertransmisi manual. Sedangkan mobil bertransmisi otomatis mampu menempuh jarak hingga 29,3 km dalam satu liter bahan bakar.

Penggunaan bahan bakar yang irit bukan satu-satunya keunggulan Suzuki Ertiga. Berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kendaraan ini

  • Desain elegan dan menarik.
  • Performa mesin bagus dan irit.
  • Hadir dengan fitur terbaru seperti rem ABS dan EBD serta dual SRS.

8 Daihatsu Berbatu

Tahukah Anda bahwa Daihatsu Rocky adalah salah satu mobil paling irit? Mobil ini mampu melaju di berbagai permukaan jalan, sehingga sangat nyaman digunakan di dalam kota, bahkan di tengah kemacetan. Rata-rata konsumsi bahan bakar mobil ini mencapai 14,5 km per liter bahan bakar.

Nah, kalau mau mobil paling irit, kenapa tidak memilih Daihatsu Rocky? Anda akan semakin yakin untuk membawa pulang kendaraan ini dengan segudang manfaatnya, antara lain sebagai berikut:

  • Hadir dengan berbagai pilihan mesin 1000cc. CM dan 1200 cc
  • Memiliki fitur keamanan yang canggih.
  • Head unit besar untuk SUV.

9.Toyota Raze

Mobil ekonomi yang direkomendasikan berikutnya adalah Toyota Raize yang mampu menempuh jarak antara 17 hingga 20 km per liter bahan bakar. SUV ini hadir dengan dua pilihan mesin, yakni mesin 1.0L dan 1.2L turbo. Menjadi produk Toyota, mobil ini akan membuat Anda tidak ingin terlambat sehingga bisa segera membawanya pulang. Sehingga Anda bisa langsung membuktikan seberapa irit mobil tersebut.

Toyota menjadi salah satu pilihan produsen mobil yang selalu menawarkan berbagai keunggulan dan kualitas yang lebih baik kepada konsumen. Sebagai buktinya, berikut beberapa keunggulan Toyota Raize yang bisa Anda nikmati:

  • Memiliki fitur lengkap.
  • Ukuran bagasi luas dan fleksibel.
  • Menggunakan disk besar.

10. Daihatsu Sirion

Sekalipun Anda mencari mobil yang irit dan perawatannya rendah, Anda mungkin tidak tahu mobil mana yang akan memuaskan semua keinginan Anda. Untungnya, Daihatsu Sirion masuk dalam daftar rekomendasi kendaraan hemat bahan bakar. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui informasi lebih detail mengenai mobil ini.

Dari segi konsumsi bahan bakar, Daihatsu Sirion mampu menempuh jarak 14,7 km untuk setiap liter bahan bakar yang digunakan. Hal ini tentunya menjadi salah satu kebanggaan para pengguna mobil ini. Selain itu, kendaraan ini juga menawarkan berbagai keuntungan seperti:

  • Harga bersahabat dan ramah kantong.
  • Fitur keamanan dan perlindungan yang kuat.
  • Tenaga mesin cukup bisa diterima.

11.Toyota Vios

Bicara soal kendaraan Toyota sepertinya tidak akan ada habisnya karena begitu banyak produk yang bisa ditemukan di pasar Indonesia. Itu sebabnya Toyota Vios dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat, baik unit baru maupun bekas. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya seberapa irit penggunaan bahan bakar pada unicycle ini.

Dengan kecepatan konstan 100 km per jam, setiap liter bensin dapat digunakan untuk menempuh jarak 18,5 km. Ini membuktikan Toyota Vios sebagai mobil paling irit bukan isapan jempol belaka. Kendaraan ini juga memiliki berbagai keunggulan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan, di antaranya sebagai berikut:

  • Penampilan elegan.
  • Memiliki mesin yang responsif.
  • Suku cadang mudah ditemukan dan biaya perawatan rendah.

12.Toyota Agia

Penggunaan bahan bakar biasanya menjadi salah satu pertimbangan orang saat memilih mobil. Tidak, penggunaan bahan bakar akan memengaruhi jumlah uang yang harus Anda keluarkan setiap kali Anda berada di belakang kemudi mobil kesayangan Anda.

Bagi Anda yang lebih menyukai kendaraan irit bahan bakar, Toyota Agya patut dipertimbangkan. Dengan satu liter bahan bakar Agya bisa menempuh jarak sekitar 23 km. Simpan, kan?

Berikut beberapa keunggulan Toyota Agya yang akan membuat berkendara Anda semakin menyenangkan.

  • Harga terjangkau, namun tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan pengguna Anda.
  • Dilengkapi dengan mesin 1000cc. cm, yang membuatnya ekonomis dan ramah lingkungan.
  • Interior mobilnya nyaman dan lega, meski harus mengangkut 5 penumpang.

13.Honda Civic

Honda selalu menawarkan produk otomotif yang dapat menarik minat para penggemar kendaraan roda empat. Salah satu produk hemat bahan bakarnya adalah Honda Civic, sehingga tidak mengherankan jika mobil ini menjadi salah satu kendaraan paling hemat bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar sedan ini mencapai 20,4 km per liter. Hal ini tentunya sangat irit dan cocok bagi Anda yang ingin lebih menghemat biaya bahan bakar mobil saat berkendara. Namun apa saja keunggulan Honda Civic yang menambah kenikmatan berkendara?

Selain irit, Honda Civic juga menawarkan berbagai keunggulan seperti:

  • Desain interior mewah dan elegan
  • Fitur internalnya cukup canggih, dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap.
  • Desain eksterior tidak hanya modern tapi juga sporty

14. Ekspander Mitsubishi

Mitsubishi Xpander - mobil impian Anda? Mobil ini memiliki banyak keunggulan. Namun yang paling utama adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit, yakni sekitar 12 km per liter saat dikendarai keliling kota. Dengan kecepatan konstan, saat keluar kota, satu liter bahan bakar bisa menempuh jarak hingga 19,8 km.

Semua ini bisa Anda dapatkan dan tidak hanya mimpi. Terlebih lagi, mobil ini menggunakan mesin segaris 1499cc dengan teknologi katup variabel MIVEC. Jika ingin lebih irit, mobil ini bisa dikendarai dengan menggunakan ECO driving agar lebih irit meski perjalanan jauh.

Layaknya kendaraan roda empat lainnya, Mitsubishi Xpander juga memiliki banyak keunggulan seperti:

  • Memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.
  • Fitur keamanannya cukup lengkap.
  • Mesin bertenaga dilengkapi dengan teknologi MIVEC atau kontrol timing katup elektronik inovatif Mitsubishi.

15. Wuling Diamond Rp

Meski tidak seirit empat belas mobil lainnya di atas, Wuling Almaz RS tetap bisa diandalkan. Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14,2 km per liter bahan bakar di jalan tol dan 10,2 km per liter di dalam kota. Jadi jangan heran jika mobil ini tidak boros bahan bakar, meski tidak terlalu irit bahan bakar.

Namun, Anda tetap akan tertarik untuk membeli kendaraan khusus ini karena sejumlah keunggulannya, antara lain:

  • Memungkinkan pengemudi untuk menyalakan dan mengontrol mesin menggunakan gadget.
  • Dilengkapi dengan empat kategori fitur keamanan ADAS.
  • Hadir dengan mesin 1.5L DOHC inline-4 turbocharged.

Jangan lupa, selain Almaz RS, cek juga mobil listrik Wuling!

 

Baca juga: 10 Mobil Impian Yang Tidak Pernah Diproduksi

Tips Membeli Mobil Bensin Paling Irit Bahan Bakar

Saat membeli kendaraan roda empat baru atau bekas, ada begitu banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Lalu ingin punya mobil apa? Jika Anda ingin berkendara seefisien mungkin dengan mobil, sebaiknya jangan sembarangan memilih mobil, meski budget Anda cukup untuk membeli mobil jenis apapun.

Kenyamanan dan harapan adalah dua hal yang biasanya dipertimbangkan orang saat membeli mobil. Untuk mendapatkan mobil yang paling irit, berikut beberapa tips yang kami harap dapat membantu Anda mendapatkan mobil terbaik impian Anda.

1. Pilih mobil kecil

Kenapa harus mobil kecil? Anda dapat menyesuaikan ukuran kendaraan dengan kebutuhan mobilitas Anda dan jumlah penumpang yang perlu Anda angkut setiap kali kendaraan berada di jalan. Namun, jika Anda ingin mendapatkan mobil yang paling irit sekalipun, maka mobil kecil adalah pilihan yang harus Anda pertimbangkan. Mobil yang tergolong urban tergolong irit, yakni sekitar 1 liter per 18–20 km.

Sementara itu, kendaraan besar seperti SUV dapat mengkonsumsi BBM hingga 1 liter atau bensin hanya untuk jarak 5 km. Kendaraan yang lebih besar membutuhkan traksi yang lebih tinggi. Karena itu, mobil membutuhkan bensin lebih banyak.

2. Pelajari masalah ukuran mesin

Sekadar informasi, jika ingin mendapatkan mobil yang paling irit bensin atau bahan bakarnya, berhati-hatilah saat memilih mobil. Dalam hal ini, perpindahan mesin adalah indikator paling sederhana untuk menentukan apakah sebuah mobil irit atau sebaliknya.

Untuk konsumsi bahan bakar yang irit, Anda bisa memilih mobil bensin dengan kapasitas mesin 2000 cc. Sedangkan untuk kendaraan diesel, coba pertimbangkan kendaraan dengan kapasitas kurang dari 2500cc.

Toh, tidak semua mobil dengan tenaga mesin di atas batas boros dalam hal konsumsi bahan bakar. Namun, kapasitas mobil yang besar juga mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Akibatnya, mobil membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

3. Pilih mobil dengan penggerak roda depan

Apakah Anda sudah mengetahui keberadaan mobil dengan penggerak roda depan atau penggerak roda depan? Seperti namanya, roda depan mobil akan menjadi penggerak karena tenaga mesin disalurkan ke dua roda depan mobil.

Nah, mobil seperti itu mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama bagi Anda yang ingin memiliki mobil hemat bahan bakar. Kenapa ini?

Kendaraan penggerak roda depan merupakan kendaraan yang paling irit dibandingkan ketiga jenis kendaraan lainnya. Pasalnya, mesin pada kendaraan jenis ini hanya perlu memutar dua roda depan.

Sedangkan all-wheel drive dan permanent drive terkenal boros bahan bakar karena mobil membutuhkan tenaga lebih untuk menggerakkan keempat atau semua rodanya.

4. Usahakan menggunakan mobil dengan transmisi manual

Anda mungkin pernah mendengar atau sering mendengar bahwa kendaraan bertransmisi manual lebih hemat bahan bakar daripada kendaraan bertransmisi otomatis. Jadi, jika Anda ingin membeli mobil yang konsumsi bahan bakarnya lebih sedikit, Anda mungkin ingin mempertimbangkan mobil dengan transmisi manual. Mobil memiliki putaran mesin per menit atau RPM dan bobot pengendaraan yang lebih sedikit.

Alhasil, mesin tidak membutuhkan bahan bakar terlalu banyak untuk mempercepat putaran mobil. Namun, Anda akan sering berpindah gigi pada mobil bertransmisi manual saat terjebak macet. Jika tidak, ada risiko cakram kopling akan lebih cepat rusak.

5. Pastikan mobil memiliki aerodinamika yang baik

Sebagai pecinta dunia otomotif, Anda pasti paham bahwa mobil modern memiliki aerodinamis yang jauh lebih baik daripada mobil boxy jaman dulu. Tujuan dari bentuk mobil yang aerodinamis adalah agar angin yang melewati mobil tidak mengganggu laju mobil. Dengan demikian, udara tidak akan tersumbat, dan mesin akan bekerja lebih keras. Hal ini juga berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Jika Anda menginginkan pilihan mobil keluarga yang paling irit, Anda bisa mengecek apakah mobil tersebut memiliki aerodinamika yang baik atau tidak. Toh, selalu ada cara untuk mewujudkan impian, termasuk menemukan mobil yang tepat sesuai keinginan dan kebutuhan, bukan?

Dengan rekomendasi dan tips membeli mobil paling irit bahan bakar di atas, Anda akan dapat melangkah dengan percaya diri dan percaya diri. Pilihan kendaraan yang banyak, serta informasi yang memadai, semakin memungkinkan untuk menemukan mobil yang tidak hanya irit dalam hal konsumsi bahan bakar, tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan yang Anda harapkan dari berkendara. Sudahkah Anda memutuskan mobil mana yang akan dibeli untuk menghemat bahan bakar?

Baca juga: 10 Mobil Impian Yang Tidak Pernah Diproduksi