Bagi sebagian orang Indonesia, gudang sering disebut sebagai garasi. Padahal, garasi dan carport memiliki fungsi yang berbeda, meski keduanya dirancang untuk menyimpan kendaraan bermotor, khususnya mobil. Di bawah ini adalah deskripsi lengkap tentang kanopi.

Apa itu Carport

Untuk menyimpan mobil di depan rumah, alternatif selain garasi bisa berupa carport. Carport biasanya memiliki atap dan lantai yang dilapisi beton, batu alam, atau keramik untuk melindungi kendaraan dari cuaca dan sinar matahari. Banyak orang memilih carport karena rumahnya tidak cukup luas untuk membangun garasi, sehingga carport menjadi pilihan yang lebih ideal untuk rumah dengan ruang terbatas.

Perbedaan antara Carport dan Garasi

Kebanyakan orang menganggap garasi dan carport adalah hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui. Kedua tempat tersebut digunakan untuk parkir kendaraan, namun ada beberapa perbedaan antara carport dan garasi yang perlu dipahami.

1. Pengembangan

Perbedaan utama antara garasi dan carport adalah cara pembuatannya. Garasi adalah struktur tertutup yang dirancang untuk melindungi kendaraan dari cuaca. Membangun garasi lebih sulit daripada membangun carport.

Kanopi biasanya dirancang sebagai struktur kanopi empat tiang dengan sisi terbuka. Meskipun demikian, kanopi atap dapat melindungi mobil dari cuaca dan sinar matahari.

2. Privasi

Jika keamanan dan privasi merupakan faktor penting, maka garasi adalah pilihan yang lebih cocok. Berbeda dengan carport yang hanya terdiri dari carport terbuka, garasi merupakan area tertutup yang digunakan untuk menyimpan kendaraan dan barang-barang yang berhubungan dengan perawatan dan perbaikan kendaraan. Garasi sering dibangun dengan pintu atau gerbang yang cukup besar untuk memungkinkan akses mobil.

3. Biaya pengembangan

Dari segi biaya konstruksi, garasi memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan carport. Misalnya untuk membangun garasi dengan dua pintu, dibutuhkan biaya sekitar Rp 12 juta. Sedangkan untuk kanopi, biaya yang dibutuhkan berkisar antara 2 hingga 6 juta rupiah, tergantung bahan dan ukuran yang dipilih.

Selain itu, carport juga cocok bagi Anda yang memiliki mobil lebih dari satu. Ketika salah satu mobil Anda dimasukkan ke dalam garasi, mobil-mobil lainnya dapat ditinggal di gudang. Pembangunan kanopi rumah tidak bisa sembarangan. Ada beberapa pertimbangan ukuran yang harus diperhatikan saat membangun kanopi. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Aspek ukuran carport

Dimensi yang perlu diperhatikan saat membuat kanopi tidak hanya mobil, tetapi juga jarak aman, ruang gerak, dan ketinggian.

1. Jarak aman antar mobil

Jika Anda akan mengisi carport dengan dua mobil, jangan sampai salah memilih ukuran. Anda harus memastikan bahwa ada jarak aman antar mobil. Selain itu, Anda juga harus bisa menavigasinya, termasuk keluar masuk mobil. 

Sebaiknya berikan jarak aman antar carport minimal berukuran 1 meter. Jika lebar kendaraan Anda 1,6 meter, seperti Toyota New Avanza, maka lebar carport harus 2,5 meter. Kemudian untuk panjang kanopi, jika panjang mobil 4,6 meter, maka ukuran kanopi 6 meter. 

Dengan ruang gerak yang cukup untuk Anda keluar masuk mobil, fungsi keberadaan gedung ini pun semakin optimal.

Baca juga: Merekomendasikan 5 Aplikasi Untuk Bengkel Komunikasi Terdekat

2. Ukuran carport untuk satu mobil

Sekarang saatnya mencari tahu ukuran gudang yang tepat untuk satu mobil. Saat ini cukup banyak orang yang membuat carport hanya untuk satu mobil. Tentu saja, ini semua tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Untuk menentukan ukuran carport yang ideal untuk satu mobil, Anda bisa mengikuti perhitungan di bawah ini:

  • Panjang: 6 meter
  • Lebar : 2,5 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Kemiringan lantai: 1-2 ke depan
  • Jarak aman dari dinding samping: 1 meter
  • Ruang sekitar: 1 meter
  • Jalur ban mobil : 50-75cm

Dengan daftar perhitungan ini, Anda bisa mengetahui ukuran carport yang ideal untuk satu mobil saja. Baca juga: Cara Menghilangkan Semut Di Mobil

3. Ukuran carport untuk dua mobil

Bagaimana cara menentukan ukuran carport untuk dua mobil? Dalam hal ini, Anda harus menjumlahkan lebar dan jarak antar mobil dalam perhitungan di atas. Lalu bagaimana perhitungannya:

  • Panjang: 6 meter
  • Lebar: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak antar mobil: 60-80 cm.
  • Kemiringan lantai: 1-2 ke depan
  • Jarak aman dari dinding samping: 1 meter
  • Ruang sekitar: 1 meter
  • Jalur ban mobil : 50-75cm

Demikian penjelasan mengenai ukuran kandang yang bagus dan cocok untuk rumah. Ingat, ukuran sangat penting dalam hal ini. Karena itu, selama konstruksi, Anda tidak boleh lupa untuk memeriksa ukuran kanopi rumah.

Jika ada kesalahan, akan sulit untuk diperbaiki. Maka jangan sampai salah dalam menggunakan ukuran garasi carport karena keduanya memiliki fitur dan kebutuhan yang berbeda.

Baik garasi maupun carport, keduanya bisa Anda gunakan untuk menyimpan mobil. Bebas memilih yang sesuai dengan preferensi dan kondisi rumah Anda. Hal terpenting saat memilih tempat penyimpanan mobil ini adalah melindungi mobil dari segala kemungkinan cuaca buruk.

Selama mobil kesayangan Anda terlindungi dari paparan sinar matahari dan hujan secara langsung, fungsi penyimpanan mobil sudah sesuai.

Baca juga: Merekomendasikan 5 Aplikasi Untuk Bengkel Komunikasi Terdekat