Kesulitan mengendarai mobil matic karena mesin tidak mau hidup? Keadaan ini tentu sangat mengganggu bukan, apalagi jika Anda sedang terburu-buru. Untuk mengatasi masalah serupa, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu penyebab mengapa mobil bertransmisi otomatis tidak dapat menghidupkan mesin. Dengan demikian, mobil akan dapat digunakan kembali secara normal.

Dibandingkan dengan kendaraan bertransmisi manual, kendaraan bertransmisi otomatis saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Pasalnya, mobil bertransmisi otomatis dinilai lebih mudah dikendarai, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan yang kerap mengalami kemacetan lalu lintas. Sayangnya, dalam beberapa kasus, mobil bertransmisi otomatis kerap mengalami masalah, salah satunya adalah ketidakmampuan menghidupkan mesin.

Mesin mobil matic yang tiba-tiba tidak mau hidup bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab paling umum adalah kekurangan bahan bakar dan aki mobil yang lemah atau aus. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, namun harus segera dicarikan cara untuk mengatasi mobil non starter pada matic agar dapat kembali nyaman digunakan.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang kenapa mobil dengan senjata tidak bisa menyala. Jadi jangan lewatkan ulasan lengkapnya!

Penyebab mobil bertransmisi otomatis tidak bisa menghidupkan mesin

Untuk menghindari masalah yang lebih serius, pemilik kendaraan harus segera mencari tahu penyebab mesin mobil bertransmisi otomatis tidak mau hidup di bawah pengereman yang berat untuk menemukan solusi yang tepat. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mesin kendaraan bertransmisi otomatis tidak bisa menyala.

1. Aki mobil mati

Salah satu alasan paling umum mengapa mesin mobil otomatis tidak mau hidup adalah aki yang buruk. Aki adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin mobil matic. Jika Anda terlalu sering menggunakannya, aki mobil Anda akan cepat habis. Membiarkan kotak ini tidak dicentang akan menyebabkan kendaraan bertransmisi otomatis tidak dapat menghidupkan mesin.

Biasanya, aki mobil konvensional bertahan dari 2 hingga 5 tahun. Jika lebih dari itu, aki biasanya habis dan tidak bisa digunakan untuk menyalakan mobil dengan starter. Selain itu, Anda juga perlu merawat aki mobil dengan melakukan pemanasan mobil secara rutin setiap hari. Jika aki mobil Anda mulai mati, untuk mengembalikannya ke normal, Anda perlu mengisi aki di bengkel mobil atau menggantinya dengan aki mobil baru.

2. Kunci kontak atau kunci kontak bermasalah

Saklar pengapian adalah perangkat pengapian kendaraan yang menghubungkan mesin kendaraan ke listrik. Jika ada masalah pada kunci kontak, dapat menyebabkan mobil tidak menyala tetapi lampu menyala karena gangguan yang mencegah aliran listrik mencapai mesin.

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa apakah ada kelistrikan dan apakah bisa sampai ke mesin mobil. Jika sistem kelistrikan masih ada, Anda dapat menghubungkannya langsung, melewati perantara penyalaan. Jadi, biasanya mesin otomatis mobil dihidupkan ulang.

3. Busi, kabel busi dan koil mobil rusak.

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan mobil bertransmisi matic tidak mau hidup dan mengeluarkan suara "tech-tech" adalah busi dan oli kendaraan bermasalah. Untuk menyalakan starter, mobil membutuhkan percikan api yang dihasilkan oleh busi. Jika busi mobil rusak, kotor, atau rusak, maka tidak akan dapat menghasilkan percikan api, sehingga mobil juga tidak dapat distarter.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebaiknya periksa dulu kondisi busi dengan mencabutnya. Selanjutnya bersihkan komponen busi dari kotoran yang mungkin menempel, lalu pasang kembali dan coba starter mobil. Jika mobil tidak menyala dengan suara "tek-tek", busi rusak dan perlu diganti.

4. Filter bahan bakar atau filter bahan bakar tersumbat

Bensin penuh tapi mobil tidak mau hidup secara otomatis? Masalahnya bisa jadi filter bahan bakar tersumbat atau rusak. Filter sendiri merupakan komponen filter yang memisahkan air dan kotoran dari bahan bakar. Dalam peran penting ini, jangan heran jika masalahnya ada pada filter bahan bakar, ini bisa menjadi penyebab Briomatic tidak mau hidup.

Jika filter rusak, air dan kotoran bercampur dengan bahan bakar dan masuk ke mesin mobil sehingga menyebabkan tersumbat. Akibatnya, bahan bakar tidak bisa masuk ke mesin, sehingga mobil tidak bisa dihidupkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, filter bahan bakar harus diperiksa dan diganti secara berkala.

5. Kompresi silinder rendah dan masalah throttle

Alasan lain mengapa mesin mobil matic tidak dapat dihidupkan adalah karena kompresi silinder yang rendah dan masalah tersedak. Faktor ini adalah alasan paling umum ketika aki masih baru, tetapi mobil pada mesin tidak dapat dihidupkan. Kompresi rendah di dalam silinder membuat mesin lebih bertenaga, sehingga mesin tidak mau hidup saat dihidupkan.

6. Nosel kotor atau tersumbat debu

Faktor lain yang menyebabkan mobil tidak dapat menghidupkan mesin adalah masalah pada injektor. Ini bisa terjadi jika nozel kotor atau tersumbat debu. Jika ada masalah pada injektor, pasokan bahan bakar ke silinder menjadi sulit. Akibatnya, mesin mobil tidak akan bisa menyala saat distarter.

Kondisi ini umum terjadi pada mobil-mobil belakangan ini yang sudah bermesin injeksi. Namun, mobil tipe lama tidak akan mengalami masalah ini karena masih menggunakan karburator untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar atau silinder. Jadi jangan heran jika Anda menemukan masalah ini pada starter otomatis mobil Anda.

Selain beberapa faktor diatas, kendaraan bertransmisi matic yang tidak bisa di starter juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti kehabisan bahan bakar sehingga mengakibatkan kerusakan pada komponen kendaraan yang tidak dapat terdeteksi. Untuk itu, sangat penting untuk rutin mengecek kondisi mobil untuk mengetahui apakah ada masalah yang menyebabkan starter tidak bisa menyala.

Bagaimana mengatasi masalah dengan start otomatis mobil

Menggunakan mobil dengan transmisi otomatis memang lebih nyaman, apalagi untuk berkendara di perkotaan yang sering macet. Namun karena menggunakan mesin injeksi, mobil jenis ini seringkali mengalami kendala dalam menghidupkan mesin dengan menggunakan starter. Masalah bisa muncul saat mobil tidak menyala, tapi lampunya menyala.

Kendala seperti ini perlu segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. Jika mobil Anda mengalami masalah starter, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya, yaitu:

1. Periksa bagian pompa bahan bakar.

Salah satu cara untuk mengatasi mobil matic yang tidak mau hidup adalah dengan mengecek fuel bay. Cara ini sama seperti mengatasi sepeda motor yang tidak mau hidup walaupun aki baru. Fuel pump merupakan fitur yang mengatur aliran bahan bakar otomotif agar tetap lancar dan nyaman digunakan. Jika starter mesin mobil tidak menyala, pompa bahan bakar mungkin menjadi masalah.

Untuk menguji pompa bahan bakar, Anda hanya perlu melihat tampilan multi-informasi (MID) di layar tanpa kunci mobil, itu tidak dapat dimulai. Dari sana, Anda bisa melihat status pompa bahan bakar terbaru, apakah ada masalah atau tidak. Jika pompa bahan bakar rusak, suplai bahan bakar tidak merata atau terhenti. Stagnasi aliran bahan bakar ini membuat mobil tidak bisa dihidupkan. Kondisi ini biasanya terjadi karena mesin dalam keadaan dingin atau terdapat kotoran.

2. Periksa kondisi aki mobil.

Aki merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil karena merupakan sumber tenaga yang menjaga mesin mobil tetap hidup saat dihidupkan. Jika baterai rusak atau mati, maka Anda akan mendapatkan masalah berupa mesin otomatis tidak menyala dengan suara tek-tek. Untuk mencegah masalah seperti itu, Anda harus memeriksa kondisi baterai secara teratur dan melakukan perawatan terjadwal.

Aki yang bermasalah tidak hanya dapat membuat mesin mobil tidak dapat menyala, tetapi juga menyebabkan mobil mogok di tengah jalan saat digunakan. Untuk memastikan aki dalam kondisi baik, Anda hanya perlu memeriksa kedua kutub aki lalu membersihkannya jika kotor. Aki yang kotor juga bisa menyebabkan mobil Anda tiba-tiba mati dan tidak mau hidup.

Selain membersihkan aki yang kotor, Anda juga perlu memeriksa lampu dashboard Anda. Anda perlu memastikan baterai disertakan atau tidak. Jika aki tidak mau hidup, berarti komponen tersebut rusak, sehingga Anda perlu mengganti aki mobil dengan yang baru.

Baca juga: Naik Innova Zenix Ke Wisata Bandung Yang Mirip Luar Negeri

3. Busi mobil rusak

Busi yang rusak juga menjadi salah satu penyebab kendaraan bertransmisi otomatis tidak bisa menghidupkan mesin. Untuk memperbaikinya, Anda perlu memeriksa kondisi mobil, setelah sebelumnya memutusnya dari jaringan. Jika busi ternyata kotor, Anda tinggal membersihkannya agar bisa berfungsi dengan baik kembali. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa busi dapat menghasilkan percikan api sebagai penghantar listrik untuk menghidupkan mesin mobil saat dinyalakan.

Untuk memastikan busi masih berfungsi dengan baik atau tidak sebaiknya pasang kembali lalu coba nyalakan starter mobil dengan memperhatikan apakah busi menyala atau tidak. Oleh karena itu, jika busi bermasalah jangan langsung diganti dengan yang baru, tapi coba bersihkan dulu, lalu coba lagi apakah berfungsi atau tidak.

Jika hasil tes menunjukkan bahwa busi tidak berkilau, maka solusi terbaik adalah menggantinya dengan busi baru. Selain busi, Anda juga perlu memeriksa karburator. Bersihkan karburator secara rutin agar tidak ada kotoran yang menempel yang dapat mengganggu pengoperasiannya.

4. Periksa kondisi genset dan starter.

Masalah pada alternator dan dinamo juga bisa menjadi penyebab kendaraan penggerak otomatis HRV tidak mau hidup. Mobil yang berumur lebih dari 8 tahun biasanya rawan mengalami kerusakan pada kedua bagian tersebut sehingga menyebabkan alternator tidak dapat mengalirkan listrik dari aki, sehingga mobil dengan transmisi otomatis tidak dapat distarter.

Alternator sendiri merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menjaga tegangan baterai agar selalu dalam keadaan stabil. Alternator yang bermasalah biasanya ditandai dengan arus listrik yang tidak stabil, logo aki selalu menyala, dan tiba-tiba mobil sulit dihidupkan.

Sedangkan dinamo merupakan komponen yang dirancang untuk menggerakkan mobil agar dapat digunakan. Mungkin penyebab mobil dengan matik tidak menghidupkan mesin adalah masalah pada dinamo. Jika dinamo mobil rusak, maka harus diganti dengan dinamo baru. Untuk menguji kedua komponen tersebut, Anda bisa datang ke bengkel untuk pemeriksaan lebih mendalam.

5. Periksa kondisi sekring mobil.

Sekering adalah bagian dari mobil yang membantu mobil menyala. Sekring yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab Ford Ranger tidak mau hidup, terutama jika busi dan aki dalam keadaan stabil.

Sekering itu sendiri terdiri dari dua kutub yaitu positif dan negatif. Keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel, yang apabila kabel penghubung tersebut putus atau bermasalah dapat mengakibatkan kegagalan pada mobil tersebut. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu memasang kembali kabel penghubungnya.

Untuk memeriksa kondisi sekering ini, disarankan untuk menghubungi spesialis. Jika Anda merasa tidak memiliki bakat mekanik, sebaiknya datanglah ke bengkel untuk memeriksanya. Karena jika ditangani secara tidak benar, hanya akan memperparah kerusakan.

6. Periksa suhu koil secara teratur.

Temperatur koil yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan mobil tidak mau hidup. Temperatur koil merupakan faktor penting yang harus selalu diperhatikan pemilik kendaraan. Untuk itu, Anda perlu mengecek suhu koil secara berkala untuk memastikan selalu stabil dan tidak mempengaruhi performa mobil.

Jika mobil mulai mulus, tetapi mobil tidak bergerak, maka koil rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Untuk mengecek suhu koil, Anda perlu datang ke bengkel terdekat agar lebih akurat dan bisa segera ditangani kerusakan yang lebih parah.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga perlu menguji beberapa komponen kendaraan untuk mencegah kendaraan bertransmisi matic menghidupkan mesin. Beberapa komponen yang harus Anda periksa secara berkala antara lain oli mesin, kelistrikan, dan pendingin. Suku cadang ini sangat rentan terhadap kerusakan, sehingga sering menjadi penyebab mesin tiba-tiba mati atau tidak mau hidup.

Mobil dengan transmisi otomatis menawarkan kemudahan dan kenyamanan saat berkendara di jalanan. Dengan berbagai fitur canggihnya, kendaraan bertransmisi otomatis juga lebih mudah digunakan daripada kendaraan bertransmisi manual, oleh karena itu banyak orang yang memilih kendaraan bertransmisi otomatis untuk mobilitas sehari-hari. Namun dibalik kecanggihan tersebut, mobil matic memiliki masalah yang harus diwaspadai, salah satunya adalah ketidakmampuan menghidupkan mesin.

Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil bertransmisi matic tidak mau hidup dan cara mengatasinya. Agar mobil dapat berfungsi dengan baik, Anda perlu melakukan perawatan rutin pada komponen mobil. Selain untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat berkendara, cara ini juga menghindari penyebab mobil bertransmisi matic tidak bisa menghidupkan mesin secara tiba-tiba yang tentunya akan merugikan Anda. Jadi jangan malas untuk merawat dan mengecek kondisi mobil!

Baca juga: Naik Innova Zenix Ke Wisata Bandung Yang Mirip Luar Negeri