Perawatan mobil setelah perjalanan jauh - Bukan hanya orang yang lelah saat pulang, tapi juga mobil. Mereka pun menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer dalam berbagai kondisi jalan. Selain fakta bahwa mobil harus mengangkut beban berat, kabinnya penuh dengan penumpang dan kargo.

Jika mobil lelah karena perjalanan pulang pergi, diperlukan perhatian khusus hingga kembali ke kondisi semula. Perawatan mobil setelah perjalanan jauh membuat mobil Anda kembali nyaman.

Perawatan mobil setelah perjalanan jauh

Khususnya, jika merupakan kendaraan untuk penggunaan sehari-hari, perawatan harus dilakukan setelah kembali ke rumah. Pasalnya, dalam perjalanan jauh, mobil menghadapi kondisi jalan yang berbeda-beda, seperti panas dan hujan. Anda dapat merawat mobil Anda dalam 5 langkah yang dapat Anda lakukan setelah tiba di rumah.

1. Lubang Cuci

Mobil yang digunakan untuk pulang biasanya melewati berbagai kondisi perjalanan: panas, dingin, hujan, cuaca panas, aspal, lumpur. Debu pasti menumpuk, terutama di kolong mobil.

Maka Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Setelah pulang ke rumah, sebaiknya segera cuci dan rawat kolong mobil. Akan lebih baik menggunakan semprotan air bertekanan tinggi (steam wash). Debu pasti akan hilang tanpa bekas.

Mengapa saya harus segera mencuci? Debu yang mengendap dapat menyebabkan masalah besar. Misalnya, bukan tidak mungkin karet penutup sambungan gardan (boot) kendaraan penggerak roda depan bisa rusak jika ada kotoran yang menempel di gardan. Akibatnya, jika bagasi rusak, pelumas kopling akan terbuang percuma dan poros penggerak akan rusak jika tidak diperiksa.

Kotoran ini juga menyebabkan karat jika menempel pada ban mobil, terutama berupa lumpur bercampur air hujan dan air laut.

Baca juga: 7 Tips Aman Dan Nyaman Pulang Kampung Ala Carro Indonesia

2. Pemolesan eksternal

Ini adalah cara perawatan mobil dengan cara pemolesan luar setelah keluar dan pulang. Goresan-goresan kecil di bodi, pasti mustahil dihindari saat bepergian mudik. Caps dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kontak dengan kendaraan lain hingga menabrak kerikil di jalan.

Jika baret dibiarkan begitu saja, pasti akan mengganggu keindahan mobil Anda. Anda bisa melihat efeknya saat ingin menjual mobil Anda, dan harganya pasti lebih murah jika Anda memiliki topi. Cara menghilangkan baret body mobil. Jika keraknya ringan, mobil dapat diservis dengan kompon, lilin, penghilang pusaran, atau penghilang peregangan pada kain kering.

3. Pembersihan bagian dalam

Makan dan minum di atas kapal pasti tidak bisa dihindari saat perjalanan pulang. Akibatnya, bagian dalamnya kotor oleh remah-remah makanan dan minuman yang tumpah. Jangan sampai hal ini terjadi, karena sisa makanan dapat mengundang semut dan berbagai hewan pengerat ke dalam mobil Anda.

Ketika ini terjadi, mobil Anda dalam bahaya. Misalnya, tikus dapat menggali melalui kain pelapis, permadani, dan lainnya. Semut juga berbahaya. Apalagi jika mereka bersarang di dalam mobil. Oleh karena itu, perawatan mobil setelah menempuh perjalanan jauh meliputi interiornya.

Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya bersihkan interior mobil Anda setelah sampai di rumah. Kami merekomendasikan menyedot debu bahkan debu yang tersembunyi. Anda juga dapat menggunakan layanan salon otomatis kami untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Rak Atap Copot dan Roof Box

Berikut ini adalah cara mengatur kendaraan setelah kembali ke rumah dengan melepas roof rack dan roof box. Pulang dengan mobil, saya biasanya memuat barang-barang di atap menggunakan rak atap dan kotak atap. Hal ini dilakukan untuk memastikan kargo tetap bersih dan kabin tetap dapat menampung penumpang secara maksimal. Penting untuk diingat bahwa rak atap dan kotak atap harus dilepas saat Anda selesai mudik jika Anda tidak menggunakannya. Mengapa?

Rak atap dan kotak atap yang terus-menerus menempel pada kendaraan menimbulkan masalah seperti bobot kendaraan dan berkurangnya performa aerodinamis. Hal ini berdampak pada semakin borosnya konsumsi bahan bakar kendaraan. Selain itu, kendaraan tidak dapat bergerak dengan baik meskipun rak atap dan kotak atap terpasang.

5. Layanan bengkel

Cara Anda merawat mobil setelah tiba di rumah sama pentingnya dengan perawatan di garasi. Sekalipun Anda memperbaikinya sebelum pulang, tidak ada salahnya merawatnya kembali saat tiba di rumah. Lagi pula pulang ke rumah adalah perjalanan yang sulit, dan mobil pasti akan cepat lelah.

Perawatan juga mencegah terjadinya masalah mobil di masa depan. Mekanik harus memeriksa kondisi umum kendaraan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Oleh karena itu, agar kondisi kendaraan Anda tetap prima, jangan lupa untuk melakukan servis mobil Anda setelah menempuh perjalanan jauh.

Baca juga: 7 Tips Aman Dan Nyaman Pulang Kampung Ala Carro Indonesia