Cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia saat ini sangat panas. Cuaca pada siang hari memang panas karena matahari bisa mencapai suhu hingga 35 derajat Celcius.

Bagi pemilik kendaraan seperti sepeda motor, khususnya bagi pemilik mobil, kondisi seperti itu dapat berdampak buruk bagi interior maupun eksterior, terutama bagi mobil yang terkena sinar matahari langsung, bahkan jika suhu di dalam kabin bisa mencapai 70 derajat Celcius.

Sinar matahari langsung dapat memberikan efek buruk dan mempengaruhi penampilan mobil, seperti noda cat, panas akibat sinar matahari yang berlebihan dapat merusak interior mobil, bagian karet seperti wiper kaca depan akan mengeras dan menjadi kurang elastis, sehingga jika terus digunakan akan menggores kaca depan.

Oleh karena itu, agar dapat mencegah dan melindungi interior dan eksterior mobil Anda dari hal-hal buruk akibat panasnya matahari, ada baiknya jika Anda memperhatikan tips berikut ini:

Sebaiknya biasakan memarkir atau menempatkan mobil Anda di tempat teduh yang jauh dari sinar matahari langsung. Alangkah baiknya jika Anda meninggalkan mobil Anda di garasi.

Namun, pilihlah garasi yang memiliki carport di atasnya, karena meskipun mobil Anda tertutup oleh carport, namun tidak ada carport di atasnya, hal ini tetap tidak bisa menjamin mobil Anda akan terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari.

Ketika Anda memarkir mobil Anda di mal atau gedung perkantoran, Anda harus menggunakan parkir basement. Karena pada dasarnya masih ada orang yang tidak mau memarkir mobilnya di basement dengan berbagai alasan, misalnya malas berjalan kaki ke basement dengan berjalan kaki saat keluar mall, terkadang bingung mau parkir mobilnya dimana dulu. , tidak praktis dan sebagainya.

Padahal sebenarnya akan lebih menguntungkan pemilik mobil, karena mobil akan terhindar dari paparan panas matahari secara langsung.

Namun, jika ternyata Anda ingin memarkir mobil pada waktu tertentu dan sulit menemukan tempat yang teduh.

Baca juga: Tips Terbaik Untuk Membersihkan Kaca Depan Mobil Anda

Berikut Tips Melindungi Mobil Dari Panasnya Sinar Matahari:

Pertama. Sebelum meninggalkan kendaraan, usahakan untuk selalu menjaga wiper dalam posisi tegak agar wiper tidak bersentuhan langsung dengan kaca depan.

Hal ini mungkin dimaksudkan agar karet pada wiper tidak mengeras, bentuknya menjadi tidak rata karena menempel pada kaca depan yang panas akibat terkena panas matahari.

Kedua. Sebaiknya tutupi kaca mobil Anda dengan film yang dapat mengurangi efek panas matahari yang masuk ke interior kendaraan.

Meski berbagai kaca film berkualitas harganya relatif mahal, namun akan sangat bermanfaat bagi kendaraan Anda karena interior kendaraan Anda dapat terlindungi dari pengaruh buruk panas matahari yang masuk ke interior kendaraan Anda.

Ketiga. Untuk bisa merawat cat dan body mobil, Anda bisa rutin menggunakan jasa autopolishing. Dengan cara ini cat mobil Anda akan memiliki lapisan pelindung.

Saat ini banyak diler mobil yang menawarkan perawatan body mobil dengan paket hemat, tentunya bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai dengan kemampuan atau budget yang anda miliki.

Keempat. Jika tempat yang Anda gunakan untuk memarkir mobil terlihat aman, Anda bisa sedikit menurunkan kaca pintu. Karena itu lebih baik lagi jika mobil Anda dilengkapi talang atau kaca samping.

Dan alat ini memiliki banyak fungsi. Karena saat musim hujan tiba, dapat mencegah dan mengurangi udara yang masuk ke dalam air dari samping ke dalam kabin saat hujan. Jika musim kemarau tiba, hal ini dapat mengurangi hawa panas terik yang terik akibat paparan panas matahari.

Kelima. Saat Anda memarkir mobil di bawah terik matahari, sebaiknya hindari meletakkan barang yang mudah terbakar di dalam kabin yang meningkatkan tekanan saat terkena panas berlebih, serta perangkat elektronik seperti ponsel yang menggunakan baterai.

Dan itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghindari dampak buruk pada interior dan eksterior kendaraan Anda akibat paparan panas matahari.

Baca juga: Tips Terbaik Untuk Membersihkan Kaca Depan Mobil Anda