Kaca adalah komponen yang ada di seluruh bagian mobil. Tanpa kaca untuk melihat ke dalam kabin, akan sulit bagi pengemudi untuk mengendalikan kendaraan roda empat tersebut. Bagian kaca ini juga harus selalu dijaga kebersihannya agar noda tidak menghalangi pandangan pengemudi yang perlu melihat dengan baik agar dapat berkendara dengan baik. Salah satu gangguan yang bisa menempel di kaca mobil adalah jamur. Jamur tidak hanya merusak pemandangan, tapi juga bisa mengurangi keindahan mobil. Lantas bagaimana cara menghilangkan jamur pada kaca mobil Anda?

Penyebab kaca mobil berjamur

Sebelum terjun ke pembahasan otomotif mengenai pembersih jamur kaca mobil terbaik, ada baiknya Anda mengetahui penyebab jamur pada mobil kesayangan Anda. Berikut beberapa alasannya:

1. Cuci mobil

Jamur adalah organisme yang hidup di tempat lembab, jadi Anda perlu memperhatikan bagaimana perasaan Anda tentang air yang menempel di kaca depan. Mencuci mobil pun bisa menjadi salah satu penyebab jamur jika tidak dikeringkan dengan benar.

Ada kemungkinan jamur berkembang jika Anda tidak segera menyeka air cucian sampai benar-benar kering. Selain itu, mencuci mobil di bawah sinar matahari juga menyebabkan jamur terbentuk di kaca depan mobil Anda.

2. Kualitas air

Kualitas air yang digunakan untuk mencuci mobil juga perlu diperhatikan karena berpengaruh pada kondisi kaca mobil. Jangan gunakan air yang mengandung besi kuning, garam, atau kapur dalam jumlah besar, karena dapat menyebabkan terbentuknya jamur.

3. Air hujan

Residu air hujan yang menempel di kaca depan membuat permukaan kaca lembab dan mendorong tumbuhnya jamur. Oleh karena itu, kaca mobil memerlukan perawatan khusus saat musim hujan, karena jika terlalu lama berjamur maka akan lebih sulit untuk dihilangkan.

4. Perubahan cuaca yang tidak stabil

Ada kalanya cuaca berubah begitu cepat, dari hujan menjadi panas terik atau sebaliknya. Kondisi cuaca ini dapat menyebabkan jamur terbentuk pada kaca mobil Anda.

Tips terbaik untuk membersihkan kaca depan mobil Anda

Penghapusan jamur membutuhkan pembersih kaca jamur yang direkomendasikan dan terbukti. Ini daftarnya.

1. Perawatan mobil yang mempesona

Auto Dazzling Car Care adalah pembersih kaca mobil yang diformulasikan khusus untuk perawatan kaca mobil yang lebih menyeluruh. Keunggulan pembersih kaca mobil ini sangat efektif dalam menghilangkan jamur, kerak serta noda air yang tertinggal di kaca mobil. Selain itu, kemasan produk ini praktis untuk digunakan.

2. Penghilang noda air

Penghilang noda air AeroTECH, diformulasikan khusus untuk memberikan perawatan mobil terbaik. Seperti namanya, produk ini cukup efektif menghilangkan jamur, noda air, dan noda membandel lainnya. Penggunaannya sangat simpel dan praktis, tinggal disemprotkan pada kain, lalu dioleskan secara merata pada kaca dan body mobil.

3. Pemolesan kaca

Glass Polish adalah pembersih kaca mobil yang dapat menghilangkan noda penyebab noda. Produk ini sangat efektif untuk membersihkan jamur atau noda yang menempel di kaca mobil. Oleh karena itu, produk ini sangat direkomendasikan sebagai alat pembersih kaca otomotif, termasuk jamur.

4. Titik air sabusa

Cairan pembersih bernama Sabusa Waterspot ini dirancang khusus untuk mengatasi masalah seperti jamur, noda membandel pada kaca mobil. Penggunaan produk ini juga sederhana dan sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cairan secara merata dengan kuas. Setelah itu, Anda tinggal mengelapnya hingga benar-benar kering.

5. Kit pemoles kaca

Pembersih kaca mobil jamur yang direkomendasikan selanjutnya adalah glass polish kit. Produk pembersih yang dapat menghilangkan jamur, noda, dan goresan kecil pada kaca mobil Anda ini dapat digunakan dengan cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya dengan kain pada bagian yang ingin dibersihkan. Selain itu, harga produk ini cukup terjangkau.

6. Kaca Maxim Pro

Maxxim Pro Glass juga bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan jamur kaca otomotif yang membandel. Formula dari produk ini juga sangat aman untuk kaca mobil. Produk ini menggunakan teknologi hidrofobik yang menimbulkan efek daun talas, sehingga air hujan tidak menggenang di kaca mobil.

7. Obat Jamur Kaca Prov

Obat jamur kaca mobil bernama Pro-V di Indomaret juga merupakan rekomendasi yang cukup bagus untuk menghilangkan noda dan jamur yang menyebabkan kaca mobil bernoda. Pembersih ini aman digunakan dan tidak akan merusak karet kaca mobil. Obat jamur kaca mobil ini juga bisa mencegah jamur tumbuh kembali.

8. Pengikis

Scrapee adalah produk yang akan memberikan perawatan kaca mobil yang andal sekaligus membersihkan noda membandel. Produk ini merupakan fungisida yang efektif untuk membunuh jamur dan noda yang tertinggal pada kaca otomotif kesayangan Anda. Produk ini juga tidak akan membuat cat body menjadi pudar, sehingga Anda bisa lebih rileks saat menggunakannya.

9. Lulur Gelas Solvenor

Produk Solvenor Glass Scrub bisa menjadi produk pembunuh jamur yang aman untuk menghilangkan noda membandel. Tidak mengandung zat agresif sehingga tidak merusak cat mobil. Produk ini juga sangat nyaman digunakan, dan meskipun bisa membuat kaca bening terlihat seperti baru, Anda bisa membeli produk ini dengan harga yang terjangkau.

10. Aqua Sihir

Aqua Magic adalah obat jamur kaca mobil yang terbuat dari bahan baku premium berkualitas tinggi. Anda bisa mengandalkan rekomendasi kami untuk menghilangkan jamur dan noda membandel pada kaca mobil. Di dalamnya terdapat berbagai bahan seperti nano-keramik dan carnauba wax yang dapat merawat kaca sekaligus cat body mobil. Selain itu, produk ini juga memiliki efek daun talas yang mencegah air hujan menggenang di kaca.

Cara membersihkan kaca mobil dari jamur

Selain menggunakan pembersih jamur terbaik di atas, Anda juga bisa membersihkan jamur dari kaca mobil menggunakan berbagai bahan lainnya. Berikut beberapa cara mudah menghilangkan jamur kaca mobil:

1. Menggunakan soda kue

Bubuk kristal putih, juga dikenal sebagai baking powder, juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur dari jendela mobil. Cara membersihkan kaca mobil dengan baking soda ini aman karena bahannya tidak beracun dan tidak berbahaya bagi manusia.

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue ini tidak hanya efektif menghilangkan jamur, tetapi juga dapat menyerap sisa kelembapan dan menyebabkan tumbuhnya jamur.

Campuran sederhana soda kue dan air membentuk cairan pembersih yang kuat yang dapat digunakan dengan menyemprotkannya ke area yang akan dibersihkan. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling ekonomis dan cukup umum untuk membersihkan jamur dari kaca depan mobil.

2. Membersihkan setelah hujan

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian penyebab tumbuhnya jamur di atas, hujan dapat mengancam kaca depan mobil karena merupakan salah satu penyebab tumbuhnya jamur. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghindari jamur pada kaca adalah dengan segera mencuci kaca setelah terkena air hujan. Tetesan air hujan yang menempel di kaca depan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kaca.

Kain yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca juga bervariasi. Setelah Anda menyeka kaca dengan kain Kanebo, Anda dapat menyekanya kembali dengan kain mikrofiber. Periksa juga karet pada bilah wiper karena alat pembersih dapat mempengaruhi kebersihan kaca. Ganti bilah karet segera jika tampak rusak.

3. Minum minuman berkarbonasi

Jika Anda tidak dapat menemukan obat khusus untuk jamur pada kaca depan mobil Anda, Anda juga dapat menggunakan minuman bersoda sebagai cara alternatif untuk menghilangkan jamur pada kaca depan mobil Anda. Pertama, bersihkan kaca mobil hingga kering menggunakan kain. Selanjutnya, seka kaca depan yang terkena jamur dengan lap yang dibasahi air soda.

Harap lakukan ini sampai cetakan di kaca depan benar-benar hilang. Namun perlu ditekankan, jangan mencampur air soda dengan air biasa. Ini hanya akan mengurangi kandungan soda dan dengan demikian mengurangi keefektifannya dalam menghilangkan jamur.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil 24 Jam Terdekat Dari Jakarta

4. Menggunakan pasta gigi

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang biasa Anda gunakan untuk menyikat gigi di rumah untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil Anda. Cara ini sederhana, ekonomis dan praktis, namun cukup efektif. Kandungan pasta gigi memiliki efek yang dapat menghilangkan jamur.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang ditumbuhi jamur, lalu biarkan mengering. Setelah kering, bilas dengan air dan bersihkan cetakan dengan sikat atau kain. Setelah itu, lap lagi untuk mengeringkan sisa air yang ada di kaca depan.

5. Penggunaan pemutih

Pemutih pakaian tidak hanya dapat menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga dapat digunakan sebagai pembersih jamur pada kaca mobil Anda. Anda dapat membersihkan kaca dengan cara membasahi kain lembut dengan pemutih secukupnya lalu menggosok bagian kaca yang ditumbuhi jamur secara perlahan dengan kain tersebut hingga kaca bersih. Penting untuk memilih kain yang lembut agar tidak meninggalkan goresan pada kaca depan.

6. Minum alkohol

Selain untuk membersihkan luka atau mensterilkan alat medis, Anda juga bisa menggunakan alkohol gosok untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara pemakaiannya juga mudah, Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi alkohol dengan kadar di atas 60% untuk menyeka bagian kaca yang berjamur untuk membersihkannya.

7. Penggunaan cuka sari apel

Bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur membandel di kaca depan adalah cuka sari apel. Caranya siapkan larutan pembersih dengan mencampurkan 3 sendok makan cuka sari apel dengan 1 liter air. Kemudian gunakan larutan pembersih kaca mobil dengan cara mencelupkan kain ke dalam larutan tersebut dan menyeka bagian kaca mobil yang terkena jamur dengan kain tersebut. Setelah jamur hilang, segera keringkan dengan koran.

8. Gunakan air tembakau

Bahan terakhir yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif pembersih jamur kaca mobil adalah air tembakau. Untuk materi ini, Anda bisa mempraktekkan langkah-langkah berikut:

  • Rendam tembakau kering dalam air bersih selama 15 menit.
  • Sebelum mengaplikasikan ke kaca depan, bersihkan dulu kaca depan dengan air dingin lalu keringkan.
  • Setelah kering, bilas kaca depan dengan tembakau yang telah direndam sebelumnya.
  • Anda bisa mencoba menuangkan sari tembakau ini beberapa kali hingga jamur benar-benar hilang.
  • Setelah Anda melihat jamur pada kaca sudah hilang, bilas kembali kaca depan dengan air bersih.
  • Terakhir, bersihkan kaca depan hingga kering.

Cara merawat kaca mobil

Mengetahui cara merawat kaca mobil penting untuk mengetahui cara merawat kaca mobil. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kaca mobil kesayangan Anda:

1. Segera bersihkan bila muncul noda

Bagian penting dari perawatan kaca mobil adalah membersihkan noda segera setelah muncul. Bersihkan segera setelah Anda melihat noda, tanpa menunggu jadwal cuci mobil Anda.

Apalagi untuk kotoran yang bisa berubah menjadi noda membandel jika dibiarkan cukup lama, seperti air hujan, kotoran burung atau kotoran. Terlebih lagi, kotoran ini dapat mendorong tumbuhnya jamur jika dibiarkan. Maka tindakan yang paling tepat dari pihak Anda adalah segera membersihkan jika terdapat kotoran.

2. Bersihkan menggunakan lap yang tepat

Saat membersihkan mobil pasti membutuhkan pembersih kotoran yaitu kain lap. Penggunaan kain ini harus diperhatikan, jangan gunakan kain yang kasar atau dapat menggores kaca mobil.

Selain itu, sebaiknya gunakan kain yang berbeda untuk membersihkan kaca dan bodi mobil. Menyeka untuk membersihkan tubuh mungkin mengandung pasir atau kotoran lain yang biasanya menempel di tubuh. Barang-barang ini dapat meninggalkan goresan kecil di kaca depan.

3. Keringkan kaca sesegera mungkin setelah dibersihkan.

Selalu bersihkan sisa cairan atau air setelah mencuci kaca depan. Jangan biarkan air terlalu lama karena dapat menodai kaca depan Anda. Selain itu, kaca mobil yang kering membuat debu semakin sulit menempel, sehingga kaca tidak mudah kotor.

4. Pastikan karet wiper dalam kondisi baik.

Wiper kaca depan adalah komponen kendaraan yang dirancang untuk membersihkan kendaraan dari kotoran dan air. Tentunya baik atau tidaknya alat ini sangat mempengaruhi kebersihan kaca mobil. Jika wiper rusak, kotoran dan air tidak tersapu dengan maksimal, sehingga kaca selalu kotor.

Oleh karena itu, salah satu bagian penting dari perawatan kaca mobil adalah menjaga kondisi karet wiper, terutama saat musim hujan. Bila perlu, bersihkan bagian ini secara rutin agar kotoran atau pasir halus tidak menempel dimana benda-benda tersebut dapat menggores kaca mobil Anda.

Demikian rekomendasi pembersih jamur kaca mobil terbaik, serta informasi lain yang masih berkaitan dengan menjaga kebersihan kaca mobil Anda. Jangan lupa baca juga topik terkait yaitu cara membersihkan kaca mobil yang buram.

Kami harap kaca mobil Anda selalu terjaga kebersihannya agar bersinar dan tidak mengaburkan pandangan Anda selama berkendara! Untuk melindungi mobil Anda.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil 24 Jam Terdekat Dari Jakarta