Seakan tidak ingin direpotkan oleh pesaingnya, Mitsubishi Xpander 2022 hadir dengan wajah baru yang lebih menarik. Terlihat lebih modis dan sporty. Tapi facelift Mitsubishi bukan sekedar facelift, melainkan Xpander versi terbaru yang banyak mempengaruhi segmen.

Di luar segmen pertunjukan, mobil ini mendapat improvisasi di sektor transmisi otomatis. Penggunaan transmisi otomatis baru menjanjikan penyaluran tenaga yang lebih mulus pada Mitsubishi Xpander 2022, serta irit bahan bakar.

Xpander 2022

Bagaimanapun, Mitsubishi tidak ingin melakukan facelift pada kapal andalannya ini. Xpander 2022 sudah mengalami perubahan signifikan. Lihat ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Desain lebih modern.

Mitsubishi Xpander 2022 masih mempertahankan tampilan signature Dynamic Shield yang dianggap andalan. Hanya ada koreksi. Terutama, bentuk lampu depan yang sebelumnya berbentuk kotak kini telah diubah menjadi bentuk-T.

Suretech memiliki lampu LED yang terintegrasi dengan proyektor untuk sorotan yang lebih terang. Sementara grilnya kini memiliki perforasi berbentuk berlian untuk tampilan yang lebih sporty.

Sentuhan lain juga dilakukan pada lampu DRL dip-beam yang sempit. Mitsubishi menawarkan bentuk kotak kecil yang tampak lebih modern. Lampu kabutnya juga lebih intens sehingga memberikan kesan lebih berisi.

Itu mempertahankan bentuknya bahkan ketika dipindahkan ke samping. Namun di area kaki, Mitsubishi Xpander 2022 memiliki lingkar roda lebih besar yakni 17 inci. Sementara itu, di bagian belakang terlihat perubahan mencolok pada desain tail lamp berbentuk huruf T.

2. Interior Xpander 2022 dan Yang Baru

Sentuhan juga dilakukan pada interior Xpander 2022 yang mengusung gaya landscape two tone. Lalu, head unit yang saya gunakan kini memiliki bentang layar 8 inci yang mendukung fungsi SDA (Linked Display Audio) smartphone.

Fitur baru adalah rem parkir elektronik yang menggantikan model winch lama. Lalu ada juga fungsi brake hold yang memberikan kelegaan saat berkendara di kemacetan.

Untuk penumpang baris kedua, Mitsubishi Xpander 2022 juga memiliki slot USB Type-A dan Type-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat.

Baca juga: 10 Mobil Impian Yang Tidak Pernah Diproduksi

3. Mesin Xpander 2022

Untuk membumbui dapur pacunya, Mitsubishi Xpander 2022 masih mengandalkan mesin DOHC empat silinder berkapasitas 1.500 cc berteknologi MIVEC. Output maksimumnya adalah 103 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Namun, mesin Mitsubishi Xpander 2022 memiliki pengaturan resirkulasi gas buang, menambahkan komponen berupa EGR (exhaust gas recirculation) yang dapat meningkatkan penghematan bahan bakar.

4. Transmisi CVT

Yang menarik adalah transmisi yang digunakan Xpander 2022 ini resmi menggunakan transmisi CVT menggantikan transmisi otomatis konvensional yang digunakannya. Menariknya, transmisi CVT yang digunakan juga menawarkan sistem delapan percepatan.

Keuntungan menggunakan transmisi CVT adalah tingkat penghematan bahan bakar yang tinggi karena mesin mobil tidak perlu lagi berpikir untuk mencapai kecepatan tinggi. Kelemahannya, akselerasi perpindahan gigi CVT cenderung lamban.

Produsen mobil biasanya mengatasi kelemahan ini dengan menambahkan nuansa perpindahan gigi manual seperti sistem delapan kecepatan yang ditawarkan pada Mitsubishi Xpender 2022.

5. Fitur Keselamatan Xpander 2022

Untuk keselamatan, Xpander 2022 dibekali dengan standar keamanan yang cukup lengkap. Rem, serta fungsi ABS, serta EBD dan BA dipasang. Dan itu juga memiliki fungsi ESS (sinyal berhenti darurat).

ASC atau Active Stability Control dapat digunakan untuk menjaga kestabilan kendaraan. Sedangkan Hill Start Assist (HSA) membantu Anda mengantisipasi kondisi off-road. Fitur ASC, BA dan HSA tersedia dari varian GLS hingga Ultimate.

Tertarik dengan Mitsubishi Xpander 2022?

Baca juga: 10 Mobil Impian Yang Tidak Pernah Diproduksi