Yang mencari MPV bagus bisa cek artikel perbandingan Hyundai Starias Toyota Alphard ini. Memilih diantara keduanya bukanlah pilihan yang mudah.

Staria dan Alphard memiliki fitur kenyamanan yang sangat istimewa, terutama untuk kursi baris kedua. Namun, keduanya tetap memiliki keunggulannya masing-masing.

Sebagai contoh, mari ambil varian Staria Signature 7 dengan sistem audio premium BOSE. Kemudian harganya juga lebih murah. Namun tentunya perbandingan Hyundai Staria dengan Toyota Alphard tidak hanya fungsional.

Hyundai Staria vs Toyota Alphard

Toyota Alphard menonjol karena memiliki nama besar dan monitor di belakangnya untuk menghibur penumpang. Untuk mesinnya juga lebih familiar bagi kebanyakan orang Indonesia karena minum bensin.

Hyundai Staria atau Toyota Alphard, pilih mana? Lihat diskusi lengkap di bawah untuk jawaban.

mesin diesel vs mesin bensin

Perbandingan pertama antara Hyundai Staria dan Toyota Alphard adalah performa mesin. Karena jantung mobil Korea adalah diesel, maka spesifikasinya pun berbeda.

Kelemahannya, konsumen Indonesia di segmen premium belum familiar dengan mesin diesel. Jadi, jumlah SPBU yang memasok solar tidak sebanyak bensin.

Namun dari segi performa, mesin Hyundai Staria sebenarnya bisa menonjok. Mesin MPV ini didasarkan pada teknologi 2.2 liter turbo diesel. Secara teoritis dapat menghasilkan torsi 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm dan dapat menghasilkan tenaga hingga 177 hp pada 3.800 rpm.

Performa ini juga jauh lebih baik dari segi torsi dibanding Toyota Alphard yang menggunakan mesin bensin 2494cc 4 silinder. Jantung mekanis mobil berlogo T ini mampu menghasilkan torsi 234 Nm pada 4.100 rpm dan output puncak 180 hp pada 6.000 rpm.

Dimensi Hyundai Staria lebih besar dari Alphard.

Sekilas terlihat Hyundai Staria sudah berubah. Desainnya sangat sederhana, namun tetap terlihat berkelas. Bentuk bodi mobil ini juga sudah agak membulat.

Selain itu, lebih besar dari Starria. MPV Negeri Gingseng ini memiliki panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm. Dengan kata lain, bodi mobil ini lebih besar dari Alphard, yakni dengan panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm.

Seiring bertambahnya ukuran bodi, ruang interior juga bertambah. Hal ini mempengaruhi fleksibilitas penumpang saat duduk selama penerbangan.

Selain lebih ramping, Toyota Alphard memiliki tampilan yang sporty atau boxy. Aura mewah bisa Anda rasakan dari front grill yang besar dan elegan serta penggunaan aksen chrome yang cukup kental.

Hyundai Stararia Veteran vs. toyota alphard

Hyundai Staria vs Toyota Alphard Dari segi fungsi, tingkat penyelesaiannya cukup tinggi. Kesamaannya terlihat pada kursi baris kedua yang sangat nyaman.

Kedua varian teratas tersedia dengan kursi kapten besar yang menggunakan pijakan kaki. Ada juga pemanas dan pendingin. Lalu window blinds, sunroof dan head unit layar sentuh.

Membandingkan Hyundai Starria dan Toyota Alphard Mobil domestik ini memiliki sistem audio premium BOSE dengan 12 speaker. Dijamin telinga Anda tidak akan rusak saat mendengarkan musik. Dan ada juga pengisi daya nirkabel dan dasbor TFT 10,2 inci.

Sementara itu, Toyota Alphard versi top-of-the-line dilengkapi dengan head-up display berukuran 13 inci yang besar untuk menyenangkan penumpang kursi belakang. Tak ketinggalan Adaptive Cruise Control (ACC) yang otomatis berakselerasi dan mengerem sesuai dengan kecepatan kendaraan di depan.

Sistem keamanan terbaru

Perbandingan berikutnya antara Hyundai Staria dan Toyota Alphard adalah sistem keamanannya. Alphard memiliki Toyota Safety Sense.

Ini termasuk Pre-Collision System (PCS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Intelligent Clearance Sonar (ICS), Lane Departure Warning (LDA), dan Automatic High Beams (AHB).

Sedangkan Staria tidak memiliki semua fitur menarik itu. Ini memiliki Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), mirip dengan PCS. Fungsinya untuk memperingatkan intervensi rem otomatis jika terjadi kemungkinan kecelakaan di masa mendatang.

Lalu ada Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Keeping Assist (LFA) yang membantu kendaraan tetap berada di jalurnya. Fungsi ini mirip dengan LDA Alphard.

Fitur Staria mencakup fungsi tambahan seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA). Fungsinya untuk memantau area belakang kendaraan dan memberikan peringatan serta koreksi kemudi agar tidak terjadi tabrakan dengan kendaraan lain.

Baca juga: 10 Mobil Impian Yang Tidak Pernah Diproduksi

Belum lagi, kamera 360 juga terpasang di Staria, sehingga mudah dioperasikan di ruang sempit. Tubuh mengerti bahwa itu adalah bonjour.

Harga Hyundai Staria vs Toyota Alphard

Jika dibandingkan harga Hyundai Staria dan Toyota Alphard, Starria lebih murah. Tidak ada perbedaan besar dari segi fungsi, namun ternyata mobil buatan Korea ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk Starria model Signature 9 dijual mulai Rp 888 juta (OTR Jakarta), dan keistimewaan dari sub model ini adalah dapat menampung 9 orang dalam 4 baris kursi. Kursi baris kedua kemudian bisa diputar menghadap baris ketiga.

Bahkan, beberapa orang telah disunat karena sifatnya. Anggap saja tidak ada pendingin dan pemanas di kursi baris kedua. Lalu tidak ada sistem audio BOSE Premium dan lain-lain.

Sedangkan Staria Signature 7 dibanderol Rp 1,02 miliar (OTR Jakarta).

Jika target pembandingnya adalah Toyota Alphard, Starria terlihat murahan. Pasalnya, MPV andalan pabrikan yang berlogo T atau 2.5 X ini dijual seharga $1,065 miliar dan mendapatkan varian paling rendah sekalipun.

Varian yang lebih tinggi adalah 2.5G yang dibanderol Rp 1,219 miliar. Manfaatnya bisa berupa sunroof dan glass blinds, serta banyak fitur lainnya.

Kemudian jika Anda kurang mencolok. Ada varian Alphard 3.5Q, tapi karena MPV ini menggunakan mesin 3456cc dengan konfigurasi enam silinder, sudah pasti mumpuni. Interiornya kemudian didominasi warna hitam dengan jok kulit dan pemanas.

Setelah mengetahui perbandingan lengkap antara Hyundai Staria dan Toyota Alphard, manakah yang lebih menarik bagi Anda?

Baca juga: 10 Mobil Impian Yang Tidak Pernah Diproduksi