Ada beberapa istilah yang digunakan saat membeli mobil baru. Ketentuan tersebut berlaku untuk sistem pembayaran, mulai dari membeli mobil hingga kebutuhan asuransi. Di bawah ini adalah istilah-istilah yang biasa digunakan saat membeli mobil baru.

1. Off The Road

Istilah Off The Road digunakan untuk menginformasikan bahwa biaya pembelian mobil tidak termasuk surat-surat kendaraan seperti B. STNK dan BPKB.

2. On The Road

Istilah On The Road biasa disingkat menjadi OTR. OTR digunakan untuk menginformasikan bahwa biaya mobil sudah termasuk biaya pengurusan dokumen seperti STNK dan BPKB. Harga jalanan biasanya lebih mahal daripada harga jalanan.

3. Biaya Pemesanan

Biaya pemesanan terburu-buru biasanya disebut sebagai tanda terima. Booking fee merupakan tanda keseriusan customer saat melakukan pembelian. Pada umumnya booking fee kendaraan yang masih dalam tahap pre-order adalah Rp 5-10 juta.

4. Surat Perintah Kendaraan (SPK)

SPK atau Surat Pemesanan Kendaraan adalah surat yang digunakan untuk memesan kendaraan dari dealer mobil atau produsen kendaraan. Surat ini berisi informasi tentang jenis kendaraan yang dipesan, model, warna dan karakteristik lainnya. Selain itu, SPK juga memuat informasi harga, syarat pembayaran, waktu penyerahan dan informasi dari pelanggan atas pembelian kendaraan.

Setelah SPK diterima oleh pengecer atau produsen, pesanan segera diproses dan detail pesanan dikonfirmasi ke pelanggan. Biasanya, pelanggan diminta untuk membayar deposit dan melakukan pembayaran penuh sebelum kendaraan dikirim.

5. Setoran (dp)

DP atau deposit merupakan salah satu proses pembayaran pertama yang disepakati oleh sales dan customer. Saat kendaraan siap, pelanggan akan dimintai uang jaminan. Biasanya, DP memiliki nilai yang besar, sekitar 25-30% dari harga jual mobil. DP juga menjadi titik awal bagi konsumen untuk menyelesaikan proses pembelian sewa.

6. Total setoran (tdp)

TDP atau Uang Muka Umum adalah DP yang ditambah biaya jasa kredit, asuransi mobil dan uang muka. Besaran TDP biasanya ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pemberi pinjaman atau bank leasing dengan nasabah.

TDP memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

Baca juga: Hal ini harus Anda perhatikan sebelum membeli SUV

7. Sewa

Perusahaan pembiayaan kendaraan resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah Leasing. Fasilitas tersebut membantu pelanggan untuk membeli mobil secara kredit. Pastikan nasabah memilih leasing yang terpercaya agar proses peminjaman menjadi lebih mudah dan aman.

Baca juga: Berapa Ukuran Carport Yang Cocok & Rekomendasi ?

8. Asuransi Semua Risiko

Semua biaya asuransi risiko juga disebut sebagai asuransi komprehensif. Asuransi all-risk mengkompensasi kerusakan pada mobil yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak disengaja. Misalnya kecelakaan dimana mobil penyok atau tergores. Asuransi ini juga mencakup kerusakan yang disebabkan oleh kejahatan.

9. Asuransi kerugian total saja (tlo)

Jika asuransi all risk menanggung kerusakan ringan, TLO atau kerugian total, maka asuransi hanya berlaku untuk kerusakan berat pada kendaraan. Asuransi dicabut apabila mobil mengalami kerusakan hingga 75% dari kondisi aslinya.

10. Asuransi Gabungan

Selain all risk dan hanya total loss, ada juga asuransi gabungan. Asuransi ini merupakan gabungan dari asuransi all risk dan asuransi kerugian total.

11. Inden

Jika kendaraan masih penyok, stok kendaraan belum tersedia atau sudah habis terjual, mengharuskan pelanggan untuk menunggu stok baru datang.

Terlepas dari kenyataan bahwa mereka berbalik, kemungkinan mendapatkan perangkat tidak dijamin. Untuk mengatasinya, pelanggan harus melakukan pemesanan untuk dimasukkan ke dalam antrian pesanan.

12. Addm dan Addb

ADDM adalah singkatan dari Pembayaran Prabayar. Artinya, nasabah harus membayar cicilan pertama bersamaan dengan uang jaminan. Sedangkan ADDB adalah singkatan dari Pembayaran Angsuran Berbayar. Artinya, pelanggan hanya membayar biaya awal dan cicilan dibayarkan selama bulan berikutnya.

13. Basis data

Biasanya, setelah menyelesaikan proses pembelian mobil, penjual meminta nomor ponsel dan alamat email pelanggan sebagai database. Jangan khawatir, obral biasanya menampilkan promosi dan produk terbaru. Tentu hal ini sangat menguntungkan, apalagi jika pelanggan ingin membeli mobil baru.

Istilah ini sering digunakan saat membeli mobil baru.

Baca juga: Berapa Ukuran Carport Yang Cocok & Rekomendasi ?